Kamis, 20 Mei 2010

PENYULINGAN AIR TENAGA SURYA

RANCANGAN DASAR PENYULINGAN AIR TENAGA SURYA


Untuk membuat penyulingan air tenaga surya dibutuhkan beberapa bahan dari logam dengan konduktifitas bahan tertentu. Bahan-bahan penyulingan air tenaga surya secara umum meliputi; kaca, plat aluminium, pipa aluminium, gabus, seng, dan besi (untuk penyangga) komponen dari penyulingan air tenaga surya meliputi kolektor dan bak penguapan. Kolektor fungsinya untuk menyerap dan mengumpulkan radiasi matahari sehingga dapat digunakan secara lebih optimal. Bak penguapan fungsinya untuk menguapkan air panas dari kolektor dan mengembunkan uap panas tersebut sehingga diperoleh embun yang banyak/air suling.


Teori Operasi/prinsip kerja

Air suling disini diproses dengan metode memanaskan air terlebih dahulu oleh kolektor dengan energi matahari, dengan siklus; radiasi matahari mengenai kaca yang transparan dimana kaca disini berfungsi untuk menjebak panas radiasi matahari agar sulit hilang/keluar jadi panas bisa masuk tapi sulit untuk keluar, dari situ panas akan diteruskan pada pipa aluminium dan plat aluminium secara radiasi kemudian panas dari plat dan pipa aluminium akan di konduksikan ke dinding pipa bagian dalam terus dikonveksikan ke air dalam pipa, suhu air disini bisa mencapai 80°C. Setelah air dalam pipa panas air akan bergerak keatas oleh karena perbedaan massa jenis air yang panas dan yang dingin, air yang panas berat jenisnya lebih ringan jadi bergerak/mengalir keatas ke bak penguapan. Sementara sebagian air menguap dan sebagian air agak dingin, karena agak dingin maka berat jenis bertambah jadi agak berat kemudian turun ke kolektor lagi untuk dipanasi lagi, dan bergerak keatas lagi di bak penguapan begitu seterusnya bersirkulasi.


sirkulasi disini berlangsung secara alamiah /tanpa pompa, jadi hemat energi atau bisa dikata biaya operasional nol (0). Pada bak penguapan air panas akan diuapkan dan akhinya mengembun/menempel pada kaca pengembunan, ini terjadi karena beda temperatur antara temperatur luar/lingkungan dan temperatur dalam kaca atau bak penguapan. Titik-titik embun yang menempel pada kaca karena grafitasi akhirnya turun ditampung oleh talang dan di bawa keluar untuk siap dikonsumsi langsung.


Kapasitas Penyulingan Air Tenaga Surya

Bila cuaca cerah penyulinagn ini dapat berfungsi/menghasilkan air suling secara optimal, berikut kapasitas dari berbagai ukuran penyulingan air tenaga surya :
1. 12X6,5m. menghasilkan 2-7 galon /hari
2. 12X6m. menghasilkan 6 galon/hari (+pendingin)
3. 12X9m. menghasilkan 15 galon/hari (+pendingin)
4. 4X6m. menghasilkan 2 galon/hari
5. 1X6m. menghasilkan 7 liter/hari
6. 2X6m. menghasilkan 1 galon/hari
7. 2X7m. menghasilkan 15 liter/hari


(+pendingin) : maksudnya penyulingan tersebut ditambahi pendingin pada kaca pengembunan, jadi pada kaca pengembunan bagian luar disiram air supaya proses pengembunan lebih cepat, karena inti dari pengembunan terletak pada beda suhu antara uap air dalam bak penguapan dan kaca pengembunan. Bila beda suhu semakin tinggi maka pengembunan akan lebih tinggi dan cepat. Suklus pendingin; pada bawah kaca pengembunan di pasang saluran (talang) kemudian air bekas siraman di alirkan lewat talang untuk dibawa ke cerobong pendinginan untuk didinginkan dengan menspraikan atau memancarkan air yang panas tersebut kemudian diatasnya dipasang blower untuk menghisap uap panas dari air pendingin tersebut sehingga sampai bawah cerobong air sudah menjadi dingin, kemudian untuk dibawa/dipompa keatas lagi untuk mendinginkan kaca pengembunan lagi begitu sirkulasinya.


MASALAH AIR

Sejak tangis pertama kali dari seorang bayi sampai tuanya menjelang nafas terakhir semua menggunakan setiap hari –AIR! Suatu elemen fital yang paling kita butuhkan namun kurang kita pedulikan, apalagi 70% tubuh kita terdiri/tersusun dari air jadi kesehatan kita sangat tergantung dari air yang kita minum. Kalau hal ini mengagetkan anda, jangan heran karena jutaan orang Amerika juga masih belum sadar akan hal ini dan secara leluasa membiarkannya begitu saja menanggung derita yang hebat dari semua macam penyakit dan tanpa mengetahui apa yang menjadi penyebabnya sehari-hari. Dengan hanya mengandalkan injeksi, obat pil, kapsul vitamin dan menjaga keseimbangan menu makan, namun ini hanya bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan dari sakit.
Fungsi sebenarnya yang diberikan alam pada air adalah utuk mengatur temperatur dan bertindak sebagai pelarut, melarutkan subtansi makanan sehingga dapat diasimilasi dan diserap oleh setiap sel tubuh.
Air suling adalah pelarut yang terbesar didunia, satu-satunya pelarut yang dapat menyusup ke dalam jaringan tubuh yang terkecil sekalipun tanpa merusaknya. Dengan mengkonsumsi air suling secara terus-menerus akan memungkinkan peleburan dan penghilangan mineral anorganik, kristal asam (asam urat) dan semua sisa kotoran yang terdapat didalam tubuh tanpa mengakibatkan kerusakan pada jaringan, serta menghilangkan penyakit kronis pada orang tua, ibarat mesin motor yang penuh dengan lumpur tidak akan dapat bergerak lancar, begitu pula pada tubuh manusia kecuali semua persendian pembuluh dara, urat-urat syaraf dan sel-sel tubuh kita dapat dibebaskan dari endapan mineral.


Macam-Macam Air (semua air tidak sama)

Paling sedikit ada 9 jenis air yang tidak sama. Beberapa jenis diantaranya dapat mengakibatkan pembuluh nadi anda mengeras, terbentuknya batu empedu dan batu ginja, menyebabkan tubuh menjadi lemah serta mendatangkan segala macam penyakit. Sedangkan jenis air lainnya memainkan peranan yang sebaliknya. Apa yang dibawa masuk oleh suatu jenis air ke dalam sistem tubuh kita, jenis air lainnya lalu akan megeluarkannya. Dibawah ini kami klasifikasikan kesembilan jenis air tersebut sebagai berikut:
1. Air berat (selanjutnya disebut hard water)
2. Air mentah
3. Air masak (yang telah mendidih)
4. Air lembut (selanjutnya disebut soft water)
5. Air hujan
6. Air salju
7. Air saring
8. Air bebas ion (selanjutnya didebut de-ionized water)
9. Air suling
Ingat, bahwa diantaranya kesembilan tipe air yang tersebut diatas, hanya ada satu saja yang baik bagi kesehatan anda. Berikut penjelasan dari kesembilan tipe/jenis air tersebut:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar